Monday, December 25, 2017

SEJARAH AIRBNB

Sejarah Singkat AIRBNB
Bermula dari ide 2 orang mahasiswa yang bernama Brian Chesky dan Joe Gebbia dari San Fransisco yang tidak mampu membayar pinjaman, mereka berencana menyewakan 3 buah matras udara dan menyajikan sarapan.
Pada tahun 2007 mereka membuat website yang bernamaairbedandbreakfast.comKemudian datanglah 3 orang pelanggan yang masing-masing membayar $ 80,  setelah para pelanggan pergi mereka berpikir kalau ini bisa menjadi ide yang hebat. Mereka mengajak temannya yang bernama Nathan Blecharczyk untuk  bergabung sebagai pembuat situs itu. Mereka tampil di SXSW (South by Southwest) dan mendapatkan 2 pesanan.
Pada tahun 2008 mereka menjual sereal Obama O’s sebelum pemilihan presiden Amerika Serikat dan berhasil menghasilkan $ 40 dari modal awal yang sebesar $30.000.
Pada tahun 2009 mereka mendapatkan sumbangan dari Paul Graham sebesar $ 20.000 dan mereka menghasilkan $ 200 per bulan namun pendapatan mereka tidak berkembang, mereka menyadari bahwa gambar dari tempat itu tidak terlalu bagus. Kemudian mereka pergi ke New York untuk memperbaharui foto dari rumah yang mereka sewakan.
Satu Minggu kemudian mereka membuat $ 400 per Minggu dan terus berkembang, mereka ditolak oleh fred Wilson yang merupakan pemberi modal dari New York. Tak lama setelah itu, seorang drummer yang bernama Barry Manilow menyewa sebuah rumah kemudian mereka mendapatkan suntikan dana sebesar $ 600.000 dari Sequoia.
Akhirnya pada tahun 2010-2011 mereka mendapat penghasilan sebesar $ 7,2 juta dan terus berkembang menjadi $ 112 juta karena mendapatkan suntikan dana dari Ashton Kutcher dan beberapa investor lainnya. Dan pada tahun 2014 mereka menghasilkan  $ 10 miliar.
Jadi kesimpulannya ada 2 orang mahasiswa yang awalnya ingin mencari cara untuk membayar hutang, lalu mendapatkan ide untuk menyewakan matras udara dan membuat sarapan, namun dianggap menguntungkan kemudian mereka mengembangkan usaha kejenjang yang lebih luas lagi, dan akhirnya mendapatkan keuntungan sebesar $ 10 miliar

No comments:

Post a Comment

Rumah Tamu Bajet beroperasi kembali

Salam semua, Lama tak update blog. Masalah Covid 19, sedar tak sedar memberi kesan besar kepada industri pelancungan. Sejak awal tahun 2020,...